Kami Dukung PLN Bersih, NO SUAP! (BUKAN) Sebatas Jargon

PLN Bersih, NO SUAP!

PLN Bersih, NO SUAP!

AdesepeleBlog – Perusahaan Listrik Negara atau yang lebih dikenal dengan PLN merupakan perusahaan yang mengurusi aspek kelistrikan yang ada di Indonesia. Sebagai perusahaan besar tentu PLN berkomitmen untuk mewujudkan Good Corporate Governance (GCG). Wujud dari komitmen tersebut diantaranya dengan dilaksanakannya program PLN Bersih.

Mungkin banyak diantara sobat AdesepeleBlog yang belum tahu, apa itu PLN Bersih? PLN Bersih merupakan program PLN untuk menjalankan bisnis yang bebas dari praktek korupsi melalui program PLN Bersih, direalisasikan dengan membangun sistem yang mampu menangkal segala potensi terjadinya praktek korupsi (Source:  plnbersih.com). Program ini nyatanya tidak hanya dilakukan oleh internal PLN saja tapi juga ikut melibatkan seluruh Stakeholders, terutama Mitra Kerja dengan target utama adalah untuk terciptanya proses bisnis PLN yang Bersih, Transparan dan Akuntabel (Source:  pln.co.id).

Untuk mewujudkan PLN yang benar-benar bersih, PLN membangun 4mpat pilar pondasi yang dikenal dengan PITA :

  1. Partisipasi, partisipasi dari para pegawai PLN dan seluruh stakeholders dalam berkomitmen dan menjalankan dan mendukung program PLN Bersih dengan baik
  2. Integritas, integritas dari para pegawai dalam bekerja melayani masyarakat sangat penting artinya untuk membangun budaya LN Bersih
  3. Transparansi, keterbukaan informasi dan sikap responsif terhadap permintaan informasi publik sangat menentukan dan penting dalam pembangunan budaya PLN Bersih
  4. Akuntabilitas, pilar ini menuntut pegawai PLN untuk selalu responsif terhadap setiap keluhan pelanggan dan juga mendukung implementasi wishtle blower system dan program pengendalian gratiikasi.

Dengan pilar ini diharapkan seluruh komponen yang ada di internal PLN baik pegawai, stakeholders maupun mitra kerja dapat mengimani ke-4 pilar ini sehingga bisa merasuk ke dalam jiwa dan pikiran.

Ternyata sekedar mengimani belum cukup, Jika tidak ada aksi nyata dari semua pihak. Oleh karenanya beberapa langkah sudah dilakukan PLN untuk mewujudkan perusahaan yang bersih bebas korupsi, sogok dan suap, diantaranya:

1. Mengadakan Kerja Sama dengan TII (Transparency International Indonesia)

PLN Bekerja Sama dengan TIITII (Transparency International Indonesia), lembaga independen yang bergerak dalam bidang tranparasi dan pencegahan korupsi. Sejak tahun 2012 PLN melakukan kerja sama dengan TII sebagai salah satu upaya mewujudkan perusahaan yang bebas dari korupsi dan suap.

Keja sama dengan TII itu merupakan kegiatan yang terkait langsung dengan manajemen di dalam perusahaan atau korupsi, sedangkan kegiatan lain, seperti sogok dan gratifikasi, justru terkait langsung dengan masyarakat melalui kegiatan yang melibatkan mitra kerja, seperti pemasok barang dan instalitir listrik yang tergabung dalam AKLI (Asosiasi Kontraktor Listrik dan Mekanikal Indonesia).

2. Training of Trainer (ToT) Program Pengendalian Gratifikasi

Training of Trainer (ToT) Program Pengendalian Gratifikasi

Training of Trainer (ToT) Program Pengendalian Gratifikasi

PLN juga melaksanakan Training for Trainer Program (ToT) Pengendalian Grafikasi yang menunjukkan keseriusan PLN untuk terwujudnya partisipasi aktif seluruh pegawai PLN. Program ini sudah dilaksanakan pada 25-27 September 2013 di PLN Udiklat Semarang. Program ini meruapakan salah satu rangkaian kegiatan untuk mewujudkan PLN yang bersih dengan bekerja sama dengan KPK. So, keren banget kan? Program ini rencananya juga akan terus dilakukan untuk angkatan berikutnya (Source: Plnbersih.com).

3. Assesment Pilot Project PLN Bersih

Assement Pilot Projet merupakan apresiasi PLN terhadap unit-unit PLN yang telah yang telah mengimplementasikan inisiatif PLN Bersih itu. Ada 13 unit PLN yang ditunjuk menjadi pilot project PLN Bersih yaitu PLN Wilayah Bangka Belitung, PLN Wilayah Sumatera Utara, Unit Pembangkitan Jawa Bali, PLN DIstribusi Jakarta Raya dan Tangerang, PLN Disrtibusi Jawa Barat dan Banten, PLN Distribusi Jawa Tengah dan Yogyakarta, PLN Distribusi Jawa Timur, PLN Distribusi Bali, PLN Distribusi Lampung, dan PLN Pusdiklat, PLN Jasa Sertifikasi, PLN Pusat Pemeliharaan Ketenagalistrikan, serta PLN Pusat Penelitian dan Pengembangan. Unit-unit dipantau dari awal dan diberikan penilaian apakah unitnya berhak mendapatkan predikat PLN Bersih dengan indikator-indikator PITA tersebut. Semoga unit-unit lain juga bergerak untuk segera meningkatkan pelayanannya.

4. Melibatkan Blogger untuk menyerukan PLN Bersih

Blogger Bicara PLN Bersih

Rasanya ini salah satu program yang menurut saya sangat efektif. Loh, kenapa efektif? Ya, pasti efektif karena jumlah blogger di Indonesia pasti sangat banyak. Satu Blogger menyerukan PLN bersih tentu bisa berdampak sangat luas. Ingat, tulisan bisa mengubah dunia lho! Jadi, peran Blogger sangat membantu sekali untuk mewujudkan PLN yang bersih.

Blogger juga bisa jadi ‘pengawas eksternal’ untuk PLN, karena Blogger biasanya lebih kritis. Banyak hal-hal yang bisa disuarakan via tuliasan’tanpa batas’. Acara yang diadakan PLN bekerja sama dengan blog Detik memang membuka mata kita, bahwa PLN sangat serius.

Seperti yang dikutip Bp. Bambang Dwiyanto (Manajer Senior Komunikasi Korporat PLN), mengajak para blogger untuk menghimbau khalayak agar tidak:

  • Memberi uang tip, uang rokok bahkan uang makan, uang apapun ke petugas PLN yang melayani masyarakat baik pasang listrik, ada kerusakan kabel PLN di rumah pelanggan, kami mohon jangan (KARENA ITU HUKUMNYA HARAM)
  • Kalau ada petugas PLN yang minta-minta uang dan memeras, kirim SMS langsung ke nomor 081281022000, itu SMS PLN Peduli, dan pasti dilakukan follow up atau ditindaklanjut.

Jadi, jangan ragu-ragu sobat AdesepeleBlog untuk melaporkan kejadian apapun yang tidak mengenakan. Dan atas dasar ini juga yang menguatkan saya harus menulis artikel ini. Momentnya juga pas sekali bertepatan dengan tanggal 27 Oktober (Hari Listrik Nasional, HUT PLN ke-68)

5. Membuat Sistem Penanganan Keluhan Pelanggan/Customer

Call Center PLNNah ini sering banget terjadi bukan? Sobat AdesepeleBlog sering sekali melupakan hal-hal kecil seperti ini.  Jadi ketika ada keluhan, ingin butuh pelayanan PLN, tambah daya, pasang baru, ganti nama, cukup telepon ke :

Call Center: 123
AKun facebook : PLN
Akun twitter : @PLN_123
Website PLN : http://pln.co.id/

Diharapkan dengan adanya pelayanan keluhan pelanggan ini, sobat AdesepeleBlog dan pelanggan PLN lain mudah untuk menghubungi PLN dimanapun kalian berada. Apalagi, akses internet sekarang ini sudah ada dimana-mana dan mudah dijangkau. Make it simple!

Wah, luar biasa keren kan? Gebrakan yang dibuat PLN! Jadi, mari kita dukung program PLN Bersih (#PLNBersih), semoga semakin banyak perusahaan-perusahaan lain-nya yang mau komit untuk mewujudkan perusahaan yang bebas korupsi, kolusi dan nepotisme. Yang pada intinya semua akan membawa kemakmuran dan kebahagian masyarakat banyak. GO.. PLN. PLN BERSIH.. NO SUAP!

PLN Bersih, NO SUAP!

PLN Bersih, NO SUAP!

Referensi:

9 Responses to Kami Dukung PLN Bersih, NO SUAP! (BUKAN) Sebatas Jargon

  1. @damae53 says:

    keren artikelnya,🙂
    sukses ya..

    Like

    • Adesepele™ says:

      Terima kasih mas

      Like

  2. penting bgt nih info nya,,,kebetulan bgt di daerah rumah gue sering bgt mati lampu,,bisa dihitung dalam seminggu bisa tiga sampai empat kali kejadian mati lampu…sepertinya harus ada pengaduan semacam komplain.

    Like

    • Adesepele™ says:

      Terima kasih gan untuk kunjangan ke AdesepeleBlog. Iya gan complain aja. banyak saranya kok, bisa ke call center 123 atau via twitter nya. Thanks

      Like

  3. apotek 25 says:

    mantap mas

    Like

    • Adesepele™ says:

      thx mas

      Liked by 1 person

  4. makasih kawan untuk infonya

    Like

    • Adesepele™ says:

      sama-sama mas.. semoga bermanfaat!

      Like

  5. Noer says:

    Setelah penyakit kronis (korupsi – suap) bisa dibersihkan, mudah-mudahan penyakit lainnya (mati lampu) juga bisa sembuh. Kami ingin Indonesia bebas mati lampu…

    Like

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar !

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: