Pelecehan Yang Dialami Oleh Rieke Diah Pitaloka Oleh Seorang Dokter

https://i1.wp.com/www.detikhot.com/images/content/2008/07/15/230/riekeby_285.jpgArtis yang juga anggota DPR dari PDI Perjuangan Rieke Dyah Pitaloka atau dikenal Oneng bersikeras, bahwa telah pelecehan seksual terhadap dirinya yang dilakukan dokter RJ. Meskipun Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajudin tidak mempercayainya.

Rieke mengungkapkan dokter berinisial RJ tersebut telah memeluknya dan mencium pipinya saat Rieke melakukan kunjungan kerja di RSUD Labuan Baji, Sulawesi Selatan, Senin 8 Maret lalu.

Berikut kronologis kejadian pelecehan seksual yang dipaparkan Rieke di Gedung Nusantara I lantai 7, Kompleks DPR, Jakarta,Rabu (10/3/2010).

Rieke mengaku melakukan kerja bersama anggota DPR komisi IX lainnya ke RSUD Labuan Baji, bertepatan dengan hari Perempuan Internasional. “Pertemuan mulai setengah dua, pihak RS mempresentasikan,  temasuk persoalan yang mereka alami. Kendala bagi RS, keuntungan 100 persen harus setor ke kas daerah,” ungkapnya.

Kemudian, dalam sesi tanya jawab, pimpinan mencatat dan menyebutkan nama Rieke. Dia pun selanjutnya, mengungkapkan bahwa berdasarkan UU RS, keuntungan RS tidak boleh disetorkan ke kas daerah, harus dikembalikan ke RS. “(saat itu) sikap saya mendukung rumah sakit,” jelasnya.

Dokter berinisial RJ itu kemudian mengambil mic dan mengatakan bahwa dia tidak sepakat dengan apa yang dia katakana. “Tapi yang saya omongin adalah UU. Harusnya Perda itu mengikuti UU. Ini bentuk dukungan kepada RS,” lanjutnya.

Akan tetapi dokter RJ kemudian menjawab kembali pernyataan Rieke, tanpa melalui pimpinan sidang. “Itu sudah melanggar etika diskusi,” ujarnya.


Awalnya, Rieke menduga RJ adalah perwakilan pemerintah provinsi, karena menyangggah pendapat dirinya. “Tetapi ternyata dokter rumah sakit itu. Seharusnya dia mendukung sikap kami,” jelasnya.

Usai diskusi, para anggota DPR pun keluar ruangan. Akan tetapi, banyak orang-orang di tempat itu yang ingin berfoto dengan dirinya.

“Masih ada ruang antara saya dan ibu-ibu. Tapi yang bersangkutan (RJ) menghampiri saya, kemudian dia ambil posisi di sebelah kanan saya. Ketika di foto dia merangkul tanganya sampai dipundak kiri saya. Saya bilang gak usah rangkul-rangkulan, dia bilang ‘gak apa-apa. Anda kan publik figure, gak apa-apa,” ungkapnya.

Rieke mengatakan, meskipun dia datang sebagai publik figur, akan tetapi dia mengaku tidak mau difoto dengan dirangkul oleh pria yang bukan muhrimnya. “Dari pertama saja saya sudah merasa tidak nyaman,” katanya.

Kemudian, setelah foto pertama, ada yang meminta sekali lagi. RJ pun masih merangkul dirinya. Kemudian, dia membisikkan ke kuping Rieke, “Saya sun ya. Saya langsung tepis. Saya bilang ‘Bapak apa-apaan ini’. Terus dia bilang, ‘loh kenapa, biasa kan, Anda kan publik figur’. Nah itu saja sudah berupa kesalahan, karena saya datang bukan sebagai public figur tapi sebagai anggota dewan dalam forum resmi,” ungkap Rieke.

Rieke mengaku, awalnya tidak masalah dia memanggil Oneng kepada dirinya. Yang dia permasalahkan adalah, untuk apa dia bisik-bisik ingin mencium pipinya dan terus merangkul tubuhnya. Akan tetapi RJ tidak mengaku, sampai Rieke kesal dan mengatakan, “Memang ada setan yang bisikin saya,” ujarnya.

Kemudian, RJ menyalahkan busana yang dikenakan Rieke yang terbuka saat acara tersebut. Dia pun langsung naik pitam. “Saya pakai jas, memangnya jas itu saya buka? Semua itu tertutup. Saya katakan, ini bukan persoalan baju, mengapa baju yang dipersalahkan. Memang orang itu yang salah,” kesalnya.

Dokter yang datang bersama kepala rumah sakit itu kemudian mengaku merangkul dirinya terlalu antusias dengan kedatangan anggota DPR RI yang sudah lama tidak datang. “Saya bilang perlakuan anda terhadap saya tidak diperlakukan ke anggota dewan lainnya,” balasnya.

Setelah itu, RJ kemudian keluar ruangan dan hanya cengar-cengir saja melihat dirinya. (uky)

(OkeZone.com)

Related Pots :

  1. Pelecehan Yang Dialami Oleh Rieke Diah Pitaloka Oleh Seorang Dokter
  2. Jennifer Dund Hamil di Penjara?
  3. Aura Kasih Dilaporkan ke Polisi Akibat Mangkir
  4. Vokalis The Potters “Kiki” Aniaya Pacarnya “Nikita”
  5. Rio Tersangka Penggeroyokan, Diancam 5 Tahun Penjara

 

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar !

