Ada Meteor Jatuh di Bone, Sulawesi Selatan?

Hari Kamis pagi, tanggal 8 September 2009, terlihat bola api di angkasa dan jatuh ke laut di sekitar pantai Tanjung Palete yang terletak di teluk Bone, propinsi Sulawesi Selatan.

Meteor (04)Selang 2-3 menit setelah bola api yang mengeluarkan asap menyerupai asap pesawat terbang itu, terdengar ledakan besar sebanyak 5-6 kali. Suara ledakan itu disertai guncangan yang menyerupai guncangan gempa.

Ledakan yang disertai guncangan itu menimbulkan kepanikan warga Desa Latteko, Kelurahan Pallete, Kabupaten Bone. Siswa SD pun kemudian berlari keluar sekolah, khawatir telah terjadi gempa.

Menurut BMG (Badan Meteorologi dan Geofisika) Makassar, dideteksi adanya getaran pada titik koordinat 4,68 Lintas Selatan dan 120, 09 Bujur Timur, di kedalaman sekitar satu kilometer dari atas permukaan tanah, dengan magnitude getaran sekitar 1,9 SR (Skala Richter).

Lokasi itu berada disekitar perbatasan antara kabupaten Bone dengan Wajo, sekitar 62 kilometer dari kota Sengkang. Getaran juga terasakan sampai di Kawasan Camba, Kabupaten Sidrap dan Kabupaten Bulukumba.

Peristiwa itu kemudian menimbulkan berbagai spekulasi. Ada yang menduga sebagai pesawat jatuh, namun ada pula yang menduga itu merupakan meteor, bahkan ada pula yang menduga itu merupakan sampah antariksa yang jatuh ke bumi.

Berkait dengan itu, Departemen Perhubungan maupun Danlanud (Komandan Lapangan Udara) TNI AU Sultan Hasanuddin Makassar mengkonfirmasikan bahwa tidak ada laporan perihal pesawat pesawat tempur Sukhoi maupun pesawat komersial yang jatuh.

Sedangkan pihak LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) masih belum dapat memastikan benda apa yang jatuh di teluk Bone itu. Mengingat menurut data yang didapat dari NORAD (North American Aerospace Defense Command), tidak ada benda angkasa yang terdeteksi jatuh ke wilayah Indonesia.

NORAD merupakan monitor radar milik Amerika Serikat yang memungkinkan publik dunia mengetahui jika ada benda langit yang jatuh ke Bumi. NORAD mendeteksi semua benda-benda luar angkasa baik yang artifisial maupun buatan yang masuk atau keluar Bumi.

Walau begitu, pihak peneliti di LAPAN menduga kuat bahwa benda itu adalah meteorit. Sebab saat ini tidak banyak sampah antariksa di luar angkasa, dan , tidak ada informasi tentang adanya benda jatuh buatan manusia atau sampah antariksa yang melintas di sekitar Bone.

Sementara itu, saat ini pihak Polres Bone sedang melakukan penyelidikan terhadap peristiwa itu. Penyelidikan dipimpin langsung oleh Wakapolres Bone, AKBP Dukiyanta.

Sampai saat ini, peristiwa itu masih merupakan teka-teki, juga di sementara kalangan telah menimbulkan rasa was-was.

Mengingat, selama kurun waktu 5 (lima) tahun terakhir ini telah terjadi bencana (musibah bencana alam maupun musibah bencana lainnya) yang beruntun dan saling susul menyusul hampir tak putus-putusnya.

Bencana

Dalam soal bencana gempa bumi, sebagai salah satu misalnya, hampir belum pernah terjadi dalam sejarah Indonesia merdeka mengalami akumulusi gempa dengan skala besar yang rata-rata terjadinya lebih dari sekali setiap tahunnya, seperti yang terjadi dalam kurun waktu 5 tahun ini.

Terhitung semenjak tahun 2004 sampai tahun 2009 ini paling tidak telah terjadi 6 kali gempa dengan skala yang merusakkan.

Dimulai dari gempa Aceh berkekuatan 9,1 SR yang menimbulkan tsunami di tahun 2004. Menyusul gempa Nias berkekuatan 8,7 SR di tahun 2005.

Selanjutnya gempa Yogyakarta berkekuatan 6,3 SR di tahun 2006. Disusuli gempa Pangandaran berkekuatan 7,7 SR di tahun 2006.

Dilanjutkan gempa Tasikmalaya berkekuatan 7,3 SR ditahun 2009. Dilanjutkan lagi dengan gempa Padang dan gempa Jambi berkekuatan 7,6 SR di tahun 2009.

Akankah masih akan terulang di kurun waktu 5 tahun mendatang ?. Sampai kapan ?.

Melakukan persiapan antisipasi dengan mempersiapkan diri agar akrab dengan berbagai bencana, termasuk persiapan menanggulangi dampaknya memang sangat perlu dan harus merupakan prioritas yang segera.

Namun hukum-hukum alam yang merupakan Sunattullah-Nya tersebut tetap merupakan hukum-Nya yang selalu berada dibawah otoritas Kemaha Kuasaan-Nya dan tergantung kepada Kehendak-Nya dan Iradah-Nya.

Oleh sebab itu, mengapa kita tak segera bermuhasabah diri ?. Menilik ke dalam diri, mengapa selama kurun waktu ini bencana seolah sudah menjadi langganan negeri ini ?.

Dan, cara yang terbaik melakukan muhasabah diri adalah dengan menyesuaikan tingkah laku dan peri kehidupan kita dengan Hukum dan Peraturan-Nya, sembari mentafakuri semua peristiwa ini kepada Kitabullah, Al-Quran. Mengingat Al-Quran diturunkan-Nya kemuka bumi ini, salah satunya adalah untuk menjelaskan kepada kita tentang hal ihwal semua perkara yang pernah terjadi pada masa lampau, masa sekarang, masa depan sampai hari kiamat nantinya.

from : http://public.kompasiana.com/2009/10/09/meteor-jatuh-di-teluk-bone/

Related Post :

  1. Ledakan Membuat Penduduk Panik
  2. Lapan Duga Kuat Ledakan di Bone Adlah Meteor
  3. Polisi Masih Telusuri Ledakan Yang Terjadi di Bone
  4. Misteri Ledakan Yang Terjadi di Bone, Sulawesi Selatan
  5. Ledakan Besar di Bone
  6. Ada Meteor Jatuh di Bone, Sulawesi Selatan?
  7. Lapan Duga Kuat Itu Adalah Meteor

4 Responses to Ada Meteor Jatuh di Bone, Sulawesi Selatan?

  1. cinta fitnah najis says:

    yg penting bkn musibah besar lagi tuk tanah aer……yg penting giman kita skr menghentikan kegiatan tontonan pembodohan di masdyarakat secara masal oleh tv spt sinetron cinta fitnah sctv acara hipnotis merajalela di tv

    Like

  2. Fajar says:

    “Ya menurut saya “bencana yg datag berturut2 itu karena ulah kita sendiri yg telah menghancurkan alam ini sehiga alam menjadi murka terhadap kita dan sikap2 kita yg tidak bermoral yg sehari2 kita lakukan

    Like

  3. murid SD says:

    bagus bgt aku jd dapet banyak info ternyata mungkin kiamat2 kecil telah terjadi di indonesia banyak sekali bencana alma yang menimpa apakah mungkin kiamat sudah dekat?tapi itu hanya perkiraan sukses terus untuk memberita berita kepada orang2 yang ingin tahu!

    Like

    • iyaa mas…!!!
      udh tau berita terbaru belum? kalo sebelum ada gempa di ujung kulon – banten . . . !!!
      ada sebuah UFO yang melintas di kawasan BLOK M..

      hee..saya juga baru tau pas liat di TV beberapa hari lalu..mungkin bnr/mungkin tidk..!!
      iya..Bumi ini sudah TUA, mungkin memang kiamat sudah dekat

      Like

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar !

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: