PROFILE PHIL COLLEN (def leppard)

PHIL COLLEN (def leppard)

  • Nama Asli : Philip Kenneth Collen
    Tempat/Tgl Lahir : London, U.K. / 8 Desember 1957
    Gaya Permainan : Rock
    Group Band Saat Ini : Def Leppard
    Group Band Sebelumnya : Dumb Blondes, Lucy, Tush, Girl, Cybernauts, Man-Raze
    Pengaruh musikal : The Beatles, Scot Ronsom, Brian May, Jimmy Page
    Gitar Yang Digunakan : Jackson Phil Collen signature series (PC series)
    Efek : –
    Ampli : Marshall
  • Sebelum namanya berkibar bersama grup rock Def Leppard, tadinya ia merupakan gitaris yang bermain dari klub ke klub. Kemudian Joe Elliot (vocalis Def Leppard) yang sedang mencari gitaris pengganti Pete Willis, tak sengaja menemukannya. Setelah menyamakan visi, akhirnya pada bulan Juli 1982, Phil resmi bergabung dengan Def Leppard.

    Pertama kali bermain gitar saat berusia 16 tahun. Gitar pertamanya yaitu Gibson SG. Ia sampai meninggalkan bangku sekolah untuk mengejar impian menjadi pemusik sukses. Phil mulai bergabung dengan berbagai band seperti Dumb Blondes, Lucy, Tush, dan Girl. Saat ditemukan oleh Joe Elliot, Phil sedang tergabung dalam Girl. Permainan solo gitarnya sampai membuat Elliot tercengang saat sedang minum bir.

    Di Def Leppard, Phil berpasangan dengan seorang gitaris lagi bernama Steve Clark. Namun peran Steve lebih sebagai ritem gitaris. Mereka berdua membedakan karakter sound satu sama lain sehingga memberi warna sound Def Leppard.

    Album perdana bersama Def Leppard yaitu album Pyromania (1983) yang menelurkan hits Rock of Ages, Foolin’, dan Potograph. Album ini sukses dipasaran dan respon penggemar terhadap permainan Phil pun sangat positif. Empat tahun kemudian album Hysteria dirilis. Diluar dugaan semula, album ini meledak dan terjual sekitar 16 juta keping. Album ini memuat 4 hits andalan yaitu Rocket, Love Bites, Pour Some Sugar On Me yaang bernuansa lagu We Will Rock You dari Queen), kemudian hits andalan, Hysteria. Album ini merupakan album tersukses Phil sepanjang karir bermusiknya. Keberhasilan Phil bersama grupnya tak lepas dari bantuan MTV yang waktu itu termasuk menganak-emaskan Def Leppard.

    Kesuksesan Def Leppard membuat pabrik gitar Jackson mengontraknya sebagai endorser. Ia pun ikut mendesain 3 model gitar Jackson tipe PC 1, 2, dan 3.

    Tahun 1992, album Adrenalize dirilis meski tak sesukses album Hysteria tapi masih bisa dibilang berhasil. Setahun berikutnya Retro Active dirilis ke pasaran. Album bergambar tengkorak ini juga cukup menjaga eksistensi Def Leppard di dunia musik. Setelah itu masa keemasan Phil bersama Def Leppard mulai memudar seiring dengan tumbangnya band-band rock 80’s. Album Euphoria yang dirilis tahun 1999 juga tak mampu berbuat banyak di pasaran, terlebih album X yang dirilis tahun 2004. Album tersebut sangat jeblok dipasaran dan mendapat kritikan tajam dari kritikus musik dan mendapat caci maki dari fans setia Def Leppard karena tak lagi menunjukkan ciri musik Def Leppard.

    Sepanjang karirnya, Phil bersama Def Leppard telah mendapatkan beberapa penghargaan antara lain “Best Heavy Metal Artist” dan “Best Heavy Metal Album” pada tahun 1989 dalam acara American Music Awards. Satu tahun kemudian, mendaparkan “The Really Big Album” dalam acara MTV Award. Kemudian pada tanggal 5 September 2000, ia dan rekan-rekan mendapat kehormatan untuk menorehkan cap telapak tangannya pada Hollywood Rockwalk. Sebuah prestasi yang membanggakan bagi Phil, pasalnya pada acara tersebut hadir pula Brian May, sang gitaris idolanya.

    Ada yang unik dari Phil, meski seorang gitaris, namun Phil malah sangat membenci album solo gitar.

    From rollingstone magazines

    Jangan Lupa Tinggalkan Komentar !

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

    %d bloggers like this: