PROFILE PAUL STANLEY (kizz)

PAUL STANLEY (kizz)

    Nama Asli : Stanley Harvey Eisen
    Tempat/Tgl Lahir : Manhattan, New York / 20 Januari 1952
    Julukan : The Star Child
    Gaya Permainan : Rock & Roll
    Group Band Saat Ini : KISS
    Group Band Sebelumnya : Uncle Joe, Postwar Baby-Boom, Tree, Wicked Lester
    Pengaruh musikal : Eddie Cochran, The Beatles
    Gitar Yang Digunakan : Washburn Paul Stanley signature series
    Pick Gitar : Washburn Paul Stanley signature
    Efek : MXR Phase 90, Analog Delay, Dunlop Crybaby Wah Pedal, Digitech Wammy, QZ1 Crybaby Q-zone Dunlop, Electro Harmonics Graphic Fuzz, Line 6 POD
    Ampli : Marshall JCM2000 DSL, Soldano SLO100

Kostum hitam, sepatu tinggi, bedak putih diwajah dengan corak bintang hitam di mata bagian kanannya membuat Paul Stanley menjadi sosok gitaris yang paling ngetop dari segi visual. Tapi jangan salah, permainan gitarnya juga nggak kalah jago dari penampilannya.

Mulai bermain gitar semenjak kemunculan The Beatles. Bisa dibilang The Beatles adalah influence terbesarnya dalam bermusik. Kemudian ia mulai bergabung dalam band Postwar Baby-Boom ketika berusia 15 tahun. Band berikutnya adalah Wicked Lester. Di Band inilah ia pertama kali bermain bersama dengan Chaim Witz. Di band ini juga Paul pertama kali mengganti namanya menjadi Paul Stanley, dan Chaim Witz menjadi Gene Simmons. Paul dan Gene kemudian membentuk KISS tahun 1973 dengan tambahan dua personel Peter Criss (drum) dan Ace Frehley (gitar).

Pada era tahun 70an, KISS mulai menjadi salah satu band papan atas dan memiliki fans yang sangat banyak. Group ini mengkonsep trend ‘rocker dandan’ dengan menggunakan kostum dan make-up yang sangat nyentrik. Konsep ini rupanya mampu mengangkat nama KISS bahkan bisa dibilang lebih menonjol ketimbang lagu-lagunya. Di band sendiri Paul berperan sebagai gitaris sekaligus vocalis dan juga penulis lagu seperti John Lennon dari The Beatles.

Selain sibuk bersama KISS, Paul juga pernah bekerja dengan Guns N’ Roses sebelum mereka diambil oleh Geffen Records dan menjadi terkenal, namun kerjasama antara G N’ R dan Paul tersebut mandeg ditengah jalan. Grup cadas lainnya yaitu Poison juga pernah mencoba bekerjasama dengannya namun lagi-lagi tidak berlanjut.

Paul bahkan pernah beberapa kali ikut bermain film dan menjadi actor. Salah satu film yang paling terkenal yaitu Detroit Rock City yang juga dibintangi aktor terkenal Edward Furlong. Di film itu menceritakan tentang 4 anak muda yang tergila-gila dengan band KISS. Dalam film tersebut, Paul benar-benar memerankan dirinya sendiri.

Total sudah lebih dari 30 tahun Paul berkarir bersama KISS, dan selama kurun waktu tersebut ia telah menjadi seorang musisi yang sukses. Bahkan bila dibandingkan dengan gitaris-gitaris lain selain Ace Frehley (rekan sesama gitaris KISS), ia merupakan gitaris yang memiliki penjualan merchandise terbanyak. Sampai-sampai Washburn mengontraknya untuk dibuatkan gitar signaturenya yang juga dijual secara massal.

From Rollingstones magazines

One Response to PROFILE PAUL STANLEY (kizz)

  1. Sovaruiva says:

    OMG enjoyed reading your article. I submitted your rss to my blogreader.

    Like

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar !

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: