Internet Anak Aman Dengan Parental Internet Filter


Berinternet Aman Dengan Free Parental Internet Filter. Waktu berlalu begitu cepat seperti mimpi (tapi bukan mimpi kali ye nya SCTV lho), anak yang dahulu masih duduk di bangku TK, sekarang sudah duduk di bangku SD atau bahkan sudah duduk di bangku SMP atau SMU. Semakin besar maka mereka semakin menjadi ingin tahu terhadap hal-hal baru termasuk dalam hal internet.

Untuk yang satu ini memang seperti makan buah simalakama, di satu sisi internet akan sangat menunjang dalam hal mata pelajaran juga pengetahuan anak namun di sisi lain jika disalahgunakan akan mendatangkan banyak kerugian bagi anak. Karena tidak mungkin untuk mengekang anak untuk tidak berhubungan dengan dunia maya tersebut maka sejak dini kita harus memperkenalkan kepada mereka mengenai manfaat dan kerugian internet tersebut.

Ada kalanya kita dapat mendampingi anak ketika mereka sedang “menjelajah” dunia internet namun seringkali karena kesibukan, kita tidak dapat mendampinginya terus menerus. Nah, pada saat itulah, kita dapat “meminta bantuan” kepada software internet filter untuk menggantikan fungsi orang tua dalam hal membentengi anak untuk tidak menjelajah ke situs-situs yang tidak cocok untuk konsumsi mereka.

Memang yang namanya software adalah bukan manusia, di mana alat tersebut hanya bekerja berdasarkan logika-logika tertentu sehingga tidak tertutup kemungkinan ada situs-situs yang “bocor” dan berhasil dilihat oleh anak. Namun demikian hal ini masih lebih baik daripada tidak menggunakan software (aling-aling, Jawa) sama sekali.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah software tersebut mungkin dapat membentengi anak ketika mereka berinternet di rumah akan timbul masalah jika anak tersebut mengakses internetnya di luar rumah misalkan saja di warnet di mana pada jasa penyedia internet tersebut jarang sekali kita temukan software semacam itu. Oleh karena itu, kita tidak dapat “menyerahkan” sepenuhnya tugas tersebut kepada software tersebut, apalagi hanya dapat diterapkan di rumah saja. Secara berkala kita harus melakukan pembinaan dan arahan sehingga secara mental anak akan mempunyai benteng diri dan diharapkan tidak akan terjerumus kepada hal-hal yang merusak atau merugikan anak.

Sekali lagi, dengan penggunaan software yang kita maksud tersebut hanyalah salah satu cara dari sekian banyak cara untuk menanggulangi hal-hal negatif, dan salah satu software internel filter yang dapat kita coba adalah Free Parental Internet Filter yang hingga tulisan ini dibuat sudah mencapai versi 3.2. Software tersebut berlisensi freeware sehingga kita dapat memperolehnya secara gratis di internet. Jika tertarik silakan mendownloadnya di sini. Besar filenya 2,4 MB, lumayan kecil sehingga untuk mendowloadnya tidak membutuhkan waktu yang lama.

Seperti yang diklaim dalam situsnya, di sini, FREE Parental Internet Filter adalah program yang dapat membantu orang tua untuk memonitor dan mengontrol anak dalam menggunakan internet. Freeware tersebut bisa digunakan di berbagai flatform Windows, antara lain WinXP,Windows2000,Windows2003, dan juga Windows Tablet PC Edition 2005.

Selain itu, setidaknya masih menurut situsnya, kemampuan dari Parental InternetFilter adalah sebagai berikut.

* Mengurangi kekuatiran ketika anak mengakses internet menggunakan computer kita.
* Melindungi informasi pribadi.
* Mengetahui bagaimana anak kita menggunakan computer dan melakukan pengaturan pembatasan atas penggunaannya.
* Melindungi anak dari terkoneksi dengan hal-hal yang dapat merugikan mereka.
* Memaksimalkan penggunaan computer bagi anak-anak.

Dengan freeware tersebut kita dapat melakukan pengaturan filtering (memfilter) terhadap website, group, forum, kata-kata yang tidak diinginkan (Inappropriate Word), program, dan juga port tertentu. Untuk melakukan hal tersebut melalui menu Setting >> Internet Filtering >> kemudian pilih yang akan diberikan filter.

Kita juga dapat melakukan pengaturan agar akses internet dapat dilakukan pada jam-jam tertentu saja untuk masing-masing hari. Dengan fitur tersebut, kita dapat mencegah anak-anak mengakses internet pada jam-jam di mana orang tua sedang tidak berada di rumah. Untuk melakukannya diakses melalui menu Internet Timetable kemudian lakukan pengaturan permit (diberi izin) atau forbidden (tidak diizinkan).

Selain itu, dengan software tersebut, kita dapat memberlakukan pembatasan koneksi internet tiap harinya (daily time limits), dengan demikian akan membuat seseorang (user) untuk melakukan akses internet seperlunya saja sehingga akan mencegah mengakses internet yang nggeladrah (ke mana-mana). Untuk melakukan hal tersebut diakses melalui menu Internet Timetable >> Daily Time Limits.

Fitur lainnya adalah Traffic Limits, dengan fitur tersebut kita dapat mengatur batas kecepatan traffic data setiap harinya. Dengan pembatasan tersebut dapat mencegah anak (user) melakukan pen-download-an terhadap file-file yang berkapasitas besar, seperti file video atau mp3. Untuk melakukannya dapat diakses melalui menu Traffic Limits.

Oh, iya ketika diinstall, freeware tersebut secara otomatis mengambil password account pada Windows yang kita gunakan pada saat login, oleh karena itu, untuk keamanan sebaiknya lakukan penggantian password terlebih dahulu. Untuk mengganti password diakses melalui menu Setting >> Setting >> Change Password.

Selamat mencoba!! Sebelum mencobanya silakan download di sini terlebih dahulu.

Keterangan.

Nama Freeware : Parental Internet Filter
Version: 3.2
License: Freeware
File size: 2457 KB
Operating System: WinXP,Windows2000,Windows2003,Windows Tablet PC Edition 2005
Company: ParentalTools.net
Situs : http://www.parentaltools.net/
Ruang Harddisk : 25 MB
RAM : 512 MB
Processor : P4 ke atas

One Response to Internet Anak Aman Dengan Parental Internet Filter

  1. lawliet90 says:

    sip sip…😀

    Like

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar !

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: