Instalasi Ubuntu Studio 9.04

Ubuntu Studio 9.04, turunan Ubuntu yang didesain untuk keperluan studio, mulai dari studio cetak hingga studio editing video. Berbagai tools multimedia berbasis open source telah ditanamkan sehingga dengan sekali instal komputer kita sudah berubah menjadi studio digital. Informasi lengkapnya bisa dilihat di sini.

Dan untuk membuktikannya, kita instal saja Ubuntu Studio 9.04 Jaunty Jackalope yang bisa diunduh di sini. Bakar ke dalam keping DVD, jangan lupa untuk mengatur urutan boot komputer pada DVD-ROM. Caranya bisa dilihat di situs http://www.whitecanyon.com/how-to-change-boot-order.php.

Pertama, saat komputer melakukan boot dari DVD, akan ditampilkan menu seperti berikut…

Pilih menu “Install Ubuntu Studio”. Dan ikuti langkah-langkah selanjutnya…

Kedua, pilih zona waktu yang sesuai dengan lokasi tempat tinggal kita.

Ketiga, pilih jenis keyboard yang digunakan. Ubuntu Studio menyediakan deteksi otomatis, tapi… sebaiknya tidak perlu. Keyboard yang umum digunakan di Indonesia adalah jenis USA.

Keempat, Ubuntu Studio juga akan secara otomatis mendeteksi adanya jaringan. Jika komputer yang digunakan terhubung pada jaringan, silahkan pilih DHCP atau konfiguras manual. Jika tidak, ikuti gambar ini…

Selanjutnya, isikan “hostname” komputer kita. Isinya bebas, terserah minat masing-masing.


Kelima, pemartisian harddisk. Pada contoh ini seluruh spasi harddisk yang ada digunakan untuk Ubuntu Studio (psstt… karena uji cobanya menggunakan Virtual Machine). Hati-hati dengan data anda.

Keenam, setelah partisi selesai dibuat, secara otomatis Ubuntu Studio akan melanjutkan proses instalasi. Silahkan bersantai sejenak, sambil menunggu proses berakhir.

Ketujuh, proses instalasi berakhir saat Ubuntu Studio menanyakan identitas pemilik komputer.

Kedelapan, pilih software yang akan diinstal…

Dan… atur jam komputer ke UTC jika menginginkan agar sinkron dengan jam secara internasional. Jika tidak, pilih “No” dan ENTER.

Terakhir, instalasi selesai! Ubuntu Studio biasanya akan mengeluarkan media instalasi dari dalam DVD-ROM. Ambil dan tekan ENTER untuk melakukan restart.

Tunggulah beberapa saat hingga Ubuntu Studio melakukan restart dengan sempurna dan membawa anda pada tampilan seperti berikut…

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar !

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: